Thursday, 28 March 2013

Manajemen dan Administrasi


Administrasi berasal dari bahasa Latin : Ad = intensif dan ministrare = melayani, membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan

Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :
  1. Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).
  2. Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa InggrisAdministration”, yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973)

Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Jadi administrasi adalah penyelenggaraannya, dan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama (kerjasama) untuk mencapai tujuan yang yang telah ditetapkan.

Hubungan Manajemen dan Administrasi
  1. Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan
  2. Administrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi
  3. Administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan -tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya
Sumber : Marisa Probo Hapsari S.E., M.Si



Hubungan antara Manajemen, Organisasi dan Tata kerja


Manajemen dan Organisasi

  • Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
  • Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan.
  • Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.


Manajemen dan Tata kerja

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.

Manajemen Sebagai Ilmu dan Seni

Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni, mengapa disebut demikian, sebab antara keduanya tidak bisa dipisahkan.
  • Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan didalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen. Gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam bentuk suatu teori.
  • Manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain.
  • Bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama?
  • Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing (mengatur) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Maksud dari manajemen sebagai Ilmu dan seni adalah bahwa manajemen itu sendiri memandang di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama yang baik dengan orang lain atau dengan kata lain cara bagaimana untuk membuat seseorang untuk dapat diajak bekerjasama dalam menjalankan suatu aktivitas atau kegiatan yang terorganisir.
  • Seni dalam manajemen itu sendiri adalah membentuk (make) atau menciptakan (create) manusia yang lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda sendiri.
  • Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
  • Definisi dari Mary Parker Follet ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang perlu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
  • Karena pada dasarnya bahwa manusia itu adalah makhluk sosial dimana manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan atau campur tangan dari orang lain, itulah yang coba  dipaparkan bahwa manajemen juga berperan sebagai suatu ilmu dan seni. 
Sumber : Marisa Probo Hapsari S.E., M.Si

Arti & Pentingnya Manajemen


Pentingnya Manajemen
  1. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab dalam menyelesaikannya
  2. Perusahaan akan dapat berhasil baik, jika manajemen diterapkan dengan baik
  3. Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki
  4. Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosan
  5. Manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan
  6. Manajemen mangakibatkan pencapaian tujuan secara teratur
  7. Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan
  8. Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap kerjasama sekelompok orang 
Mengapa manajemen menjadi sangat penting keberadaannya?

Pertama, manajemen sebagai fungsi perencanaan (planning) merupakan kegiatan awal bagaimana organisasi menentukan tujuan yang hendak di capai pada masa yang akan datang serta pemilihan langkah – langkah yang efisien, efektif, dan kompetitif

Kedua, manajemen sebagai fungsi organisasi. Organisasi merupakan sekumpulan individu yang saling berhubungan yang terbagi dalam tugas tugas, hak-hak, kewajiban-kewajiban yang telah ditentukan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Organisasi menjadi wadah pemersatu berbagai faktor dan unsur yang dibutuhkan dalam organisasi

Ketiga, manajemen sebagai fungsi actuating merupakan kegitan aksi perwujudan suatu organisasi. Aktulisasi disini meliputi kegiatan staff-ing, pembagian kerja, personalia dan sebagainya yang berhubungan dengan profesionalisme berdasarkan pada kemampuan SDM, kebutuhan teknik karakteristik kerja yang mangacu pada efisiensi, efektifitas dan kompetetif. Memerlukan banyak formula, data, serta informasi yang efektif, tepat waktu.

Keempat, manajemen sebagai fungsi pengawasan atau kontrol merupakan kegiatan pengukuran atas kinerja yang telah dilakukan terhadap standar kerja untuk selanjutnya dilakuan langkah-langkah evaluasi dan koreksi bila diperlukan.

Sumber : Marisa Probo Hapsari S.E., M.Si

Samsung SCH-i500 Fascinate Review


Spesifikasi


General 2G Network CDMA 800 / 1900
3G Network CDMA2000 1xEV-DO
Announced 2010, June
Status Available. Released 2010, Q3
Size Dimensions 125 x 64 x 10.5 mm
Weight 116 g
Display Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
- Gorilla Glass display
- TouchWiz 3.0 UI
- Multi-touch input method
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Touch-sensitive controls
- Proximity sensor for auto turn-off
Sound Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Memory Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records Practically unlimited
Internal 2 GB user available storage
Card slot microSD, up to 32GB, 16 GB included, buy memory
Data GPRS No
EDGE No
3G Rev. A, up to 3.1 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot (Android 2.2)
Bluetooth Yes, v3.0 with A2DP
Infrared port No
USB Yes, v2.0 microUSB
Camera Primary 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face and smile detection
Video Yes, 720p@30fps
Secondary No
Features OS Android OS, v2.1 (Eclair), upgradable to v2.2
CPU 1 GHz ARM Cortex-A8 processor, PowerVR SGX540 GPU, Hummingbird chipset
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser HTML
Radio FM radio with RDS
Games Yes
Colors Black, Grey, White
GPS Yes, with A-GPS support, VZ Navigator
Java Yes, via Java MIDP emulator
- Mobile TV
- Social networking integration
- Digital compass
- MP4/DivX/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
- TV-out
- Organizer
- Image/video editor
- Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
- Flash Lite v3.1
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input (Swype)
Battery Standard battery, Li-Po 1500 mAh
Stand-by Up to 300 h
Talk time Up to 5 h 50 min
Misc SAR US 0.57 W/kg (head) 0.52 W/kg (body)



Menurut saya : 
- Hasil Jepretan Kamera sangat Memuaskan 
- Video HD 
- Layar sangat sempurna 

sumber :
-  http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012112940/lounge-samsung-sch-i500-fascinate-aka-galaxy-s-cdma/
- http://www.gsmarena.com/samsung_fascinate-3492.php